Knowledgebase: Emas
Pengertian Karat dalam Emas
Posted by Indra Sjuriah on 10 April 2012 10:56 PM

Kita sering mendengar emas dikaitkan dengan kata 'karat' ketika ingin mengetahui kemurniannya. Orang tua kita sering juga membicarakan bahwa emas yang terbaik adalah emas 24 karat. Sebenarnya karat itu apa sih?

Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam.

Di Amerika Serikat standar karat yang digunakan dalam perhiasan adalah :

  • 18K = 18/24 bagian atau 75% nya emas. Sering di cap .750 pada bagian perhiasan.
  • 14K = 14/24 bagian atau 58,5% nya emas. Sering di cap .585 pada bagian perhiasan.
  • 10K = 10/24 bagian atau 41,67% nya emas. Sering di cap .417 pada bagian perhiasan.

Mengapa 24K tidak digunakan sebagai standarisasi perhiasan?

Emas dikenal sebagai logam yang langka dan memiliki sifat unik. Warna nya yang berkilau juga dipersepsikan orang sebagai jaman dahulu sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran. Mengacu kepada sifat uniknya, logam emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logam nya. Oleh karena sifat logam yang terlalu lunak ini maka agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, tembaga dan logam lain sehingga menghasilkan perhiasan emas yang memiliki durabilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.

Bagaimana cara rumus menghitung karat ?

Cukup sederhana. Membagikan nilai karat yang kita inginkan dengan 24. Karena 24 adalah tingkatan tertinggi dalam perhitungan karat.

Contoh emas 15K. Berarti untuk mengetahui tingkat kemurnian emas dengan cap 15K tersebut adalah 15 dibagi 24 (15 / 24) mendapatkan hasil 0.625. Dari nilai 0.625 ini kita kali kan 100 untuk mengkonversi ke persentase. Dari sini kita mendapatkan bawah emas 15K setara dengan 62.5% untuk kandungan emas murni dalam logam tersebut. Sementara 37.5% lainnya adalah logam-logam lain seperti perak, tembaga, dll.

  • 999 setara dengan 24 Karat
  • 958 setara dengan 23 Karat
  • 916 setara dengan 22 Karat
  • 875 setara dengan 21 Karat
  • 750 setara dengan 18 Karat
  • 585 setara dengan 14 Karat
  • 375 setara dengan 09 Karat

Namun tidak semua perhiasan dengan cap menyatakan kebenaran kandungan kadar emas pada perhiasan tersebut. Usahakan untuk selalu membeli produk dari produsen atau toko terpercaya.

(61 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (136)
nida farhana
19 November 2012 10:19 PM
ini bagus banget buat pengetahuan saya suka thanks .
Noni
20 November 2012 09:07 AM
Terima kasih atas respon yang diberikan ibu Nida.
Mohamad Fachri Amin
23 January 2013 06:50 PM
baru tau gan perhitungan kadar logam emas yang emak kita juga punya. hehehe
Noni
25 January 2013 10:16 AM
Terima kasih atas respon yang diberikan Bapak Mohamad Fachri Amin
tika
28 January 2013 07:12 PM
jadi itu toh mksud karat vs pesentase emas
Noni
29 January 2013 10:51 AM
Terima kasih atas respon yang diberikan ibu Tika
andy
09 February 2013 12:46 PM
Pak.. mungkin ga kalau emas tanpa ada cap atau kode emas-nya..? Karena ada cincin emas tapi tidak tertera cap atau kodenya/
Noni
12 February 2013 09:22 AM
HI Bapak Andy,

Sepengetahuan kami biasanya jika perhiasan tidak tertera cap, minimal yang tertera adalah kodenya/kadarnya pak. Kecil kemungkinan tidak ada keduanya.
maveex
26 April 2013 11:00 PM
jika ada perhiasan yang mengandung emas 24 karat belum tentu bagus sebab durabilitas nya semakin kecil, begitu kah?
Noni
29 April 2013 09:54 AM
HI Bapak/Ibu Maveex,

Betul Bapak /Ibu, Untuk perhiasan emas 24 karat memang durabilitasnya kecil.
ulfa fauziyah
25 September 2013 11:49 AM
mohon infonya... kalung emas ku ada tulisan/cap 23A.. artinya apa ya??makasih...
Noni
26 September 2013 08:49 AM
Hi Ibu Ulfa,

Mohon maaf ibu, untuk bagian perhiasaan ibu bisa menghubungi kami di 021-5586783 ext 1 , karena kami divisi logam mulia ibu, berbeda dengan divisi perhiasan. Terima kasih
rizky
24 December 2013 03:47 PM
Akhirnya tahu tentang emas...mana yg kadar tinggi dan rendah...kalo saya sich suka yg 700 kalo ini golongan apa ya...qpelzbz
Noni
26 December 2013 03:58 PM
Hi Bapak Rizky

Untuk yang 700 adalah golongan emas tua ( 17 Karat ), biasanya ini untuk perhiasaan Bapak.
hikma roudhotul jannah
14 March 2014 09:30 PM
salam kenal pak, saya hanya ingin bertanya biasanya jika mas yang 75% atau 58% yang dipakai perhiasan biasanya dicampur dengan bahan apa?
Noni
17 March 2014 10:19 AM
Hi Ibu Hikma,

Untuk perhiasan biasanya dicampur dengan bahan perak, tembaga, atau seng ibu.
Cincin Kawin
09 April 2014 09:33 AM
wahhh baru tahu saya, terima kasih banyak mind atas informasinya

teguh
21 May 2014 12:17 PM
menambah pengetahuan thanks...
nurnaeni
25 May 2014 04:45 AM
Oh gitu ya. Baru tahu.
Kemarin beli emas di cikini untuk perhiasan tetapi kenapa di cap 999 ya. Berarti kurang bagus kl bt perhiasan.
Noni
26 May 2014 09:49 AM
HI Ibu Nurnaeni,

Biasa jika di cap tertulis 999 tandanya kadar yang dimiliki ada 99,9% , tetapi untuk mengcek kadar pastiya , ibu dapat melakukan tes kadar terlebih dahulu. Terima kasih
aris nurhidayati
09 June 2014 08:13 PM
Trimakasih banyak untuk ibu nurnaeni yang ngasih informasi berharga
syafriadi
03 July 2014 06:05 PM
sebenarnya emas 24k itu tidak ada, bahkan Antam tidak menulis/ menstempelkan 24k pada produk emasnya. Antam hanya memberi stempel cap kadar 99,99%. karna yg 24k 100% / sempurna hanya satu saja dijagat raya ini.......TUHAN
Andri
04 July 2014 09:06 AM
Kalo di kalung ada tulisan 750 italy berarti 18 karat yah
Noni
04 July 2014 09:12 AM
Hi Bapak Andri ,

Betul Bapak, jika terdapat tulisan 750 pada perhiasan Bapak, maka setara dengan 18 karat
yudhi
07 July 2014 05:39 AM
emas saya yg baru beli berlogo sperti prisma?maksud nya apa tu??
tlong bantu yaa ..
Noni
07 July 2014 09:10 AM
Hi Bapak Yudhi,

Mohon maaf Bapak, apakah yang Bapak maksudkan disini adalah Logam Mulia Antam?
femy saliada
19 July 2014 09:17 PM
Kalo di cincin tertera citra 700 artinya berapa karat ya? Soalnya aku tanya sama ci penjualnya katanya itu cincin 22 karat. Trims
Noni
21 July 2014 09:23 AM
Hi Ibu Femy,

Sebenarnya jika kadar 700 artinya kandungan emasnya adalah 70% dan sebenarnya karatnya adalah 17 karat. Tetapi memang bahasa pasar memang rancu ibu, dan sering mengatakan bahwa kadar 700 adalah 22 karat.
rahayuni
21 July 2014 10:13 AM
Sy jg beli cicin tdk ada capnya mbk,trus kmrn sy beli rantain kalung dsn di cap 875 tp kt ci penjual itu mas 22k,gmn crnya kt mau ngecek ya soalnya kmrn sy mau cek ktnya tktnya merusak perhiasanya
Noni
22 July 2014 10:21 AM
Hi Ibu Rahayuni,

Jika ibu membeli cincin dan tidak ada capnya, ibu bisa melakukan tes batu gosok kimia di toko emas yang ibu percaya, dan itu tidak akan merusak perhiasan selama pengetesan hanya pada permukaan perhiasannya saja.

Untuk cap 875 , yang benar adalah 21 karat ibu, tetapi seperti yang terjadi di bahasa pasar, sering disebutkan 22 karat.
HARATA DAVID
23 July 2014 08:08 PM
nanya ya, kalo di gelang yang istri saya ada cap 22T itu apa artinya ? makasih infonya :)
Noni
24 July 2014 09:36 AM
Hi Bapak Harata,

Untuk cap 22T kami kurang tahu apa artinya Bapak, kemungkinan adalah kode produksi. Biasanya di perhiasan tercatat kadar ataupun tulisan karat saja, contoh : 22K
Nita
07 August 2014 11:48 PM
Kl untuk perhiasan 14K ga akan lunturkan ya? Atau msh bisa luntur pak?
Noni
08 August 2014 09:27 AM
Hi Ibu Nita,

Mohon maaf yang ibu maksud disini luntur untuk kadarnya atau warnanya yah ibu ?
santi
11 August 2014 04:51 PM
maaf.. saya ingin gabung. mas jakarta kn biasa ada mas ya bagus dan mas ya biasa. yg sy tanyakan mas yg biasa ini luntur gak ya?? blzz ya mkasihh
Noni
12 August 2014 08:59 AM
Hi Ibu Santi,

Yang Ibu maksud dengan emas bagus dan emas yang biasa seperti apa yah ibu ?
Biasanya untuk emas, kami melihat dari kadarnya saja ibu.
Dian RE
16 August 2014 05:46 PM
Hallo salam kenal. Hari ini sya membeli kalung 24 karat dg kadar 85% dan tidak ada kode atau lambang nya. Yg kedua sya membeli liontin 23 karat dg kode 703 dan kadar 75% . Mohon penjelasannya. Sya khawatir karena emas nya tidak ada kodenya. Thanks
Noni
18 August 2014 09:23 AM
Hi Ibu Dian ,

Untuk kadar 85% sebenarnya adalah 20 karat ibu. Untuk kode atau lambang produksi memang tidak semua perhiasan ada ibu, jika produksi pabrik memang biasanya memiliki kode, tetapi jika produksinya handmade banyak yang tidak ada kodenya ibu.
ilham
27 August 2014 12:06 PM
Dikalung saya terdapat tulisan 750 dan cap huruf HWT. itu asli emas ato bukan ya?
Noni
28 August 2014 07:50 AM
Hi Bapak Ilham,

Untuk tulisan 750 artinya kadar dari kalung tersebut setara dengan 18 karat dan HWT adalah kode produksinya Bapak. Untuk asli atau tidaknya , Bapak bisa mencoba mengeceknya ke toko-toko emas terdekat. Terima kasih
Nuragung dwi jayanti
06 September 2014 03:15 PM
Selama ini saya tidak begitu suka memakai emas jadi pengetahuan tentang karat emas tidak paham..setelah membaca info ini saya jadi mengerti. Terimakasih
Hendrik susilo
08 September 2014 05:12 PM
Hallo salam kenal,saya mau nnya donk cara mengetahui tu emas asli pa bukan pake alat nya ap ya n beli dmana alat nya?
Hendrik susilo
08 September 2014 06:08 PM
Mau tanya donk klu emas muda kan warna nya cepat pudar trus cara pencucian nya lgi pake ap ya cairan nya? Tolong di jelaskan donk saya ingin mengerti tentang emas.
Noni
09 September 2014 10:46 AM
Hi Bapak Hendrik,

Untuk saat ini kami menggunakan teknik timbang air Bapak , tidak menggunakan alat untuk pengecekan keaslian emas.
Noni
09 September 2014 10:52 AM
Hi Bapak Hendrik,

Untuk warna emas yang pudar tidak ada cairan untuk pencuciannya, jadi jika warna sudah pudar harus diwarnai ulang Bapak.
abiel
14 September 2014 11:56 AM
di kalung saya tertera hanya k18 apa mungkin750% nya emas
Noni
15 September 2014 08:58 AM
Hi Bapak /Ibu Abiel,

Betul Bapak /Ibu, 18k setara dengan kadar 750%. Terima kasih
theresia
19 September 2014 02:12 PM
Bapak Abiel Yth,
mau tanya, klo di liontin ada tulisan 300K berarti bukan emas ya Pak, dan ada juga seperti gambar matahari gitu?
tolong dibantu atuh..


















Noni
20 September 2014 10:22 AM
Hi Ibu Theresia,

Untuk mengetahui lebih pastinya ibu bisa membawa liontin tersebut untuk di tes kadarnya terlebih dahulu ibu.
bayu
28 September 2014 09:54 AM
Hlo ini saya mau tanya klau yang di maksud emas 24 karat itu yg bgmana!?
Apakh emas yg langsung dari tambang bisa di katan 24 krat
Mohon penjelasannya trima kasih
TitikLoveMonick Monick
28 September 2014 11:32 PM
Saya sudah sedikit memahami tentang ini semua.makasih banyak yaaaa
Noni
30 September 2014 07:45 AM
Hi Bapak Bayu,

Yang dimaksud dengan emas 24 karat adalah emas yang memiliki kadar 99.99% nya adalah emas.
Untuk emas dari hasil tambang biasanya kadarnya belum mencapai 99.99% Bapak, biasanya untuk lebih memastikannya kami harus melakukan tes kadarnya terlebih dahulu.
halimah
19 October 2014 02:19 AM
Kalo emas ada tulisan PB 99 artinya apa ya???
Noni
20 October 2014 12:10 PM
Hi Ibu Halimah,

Untuk kode PB 99 kami kurang memahami kode tersebut ibu. Mungkin ibu bisa mengirimkan gambarnya ke email kami support@antamgold.com untuk kami bantu lihat terlebih dahulu.
Ririn
22 October 2014 08:00 AM
Dicincin Saya ,ada Tulisan 14 SR 750, mungkin Bisa dijelaskan Terima Kasih.
Noni
22 October 2014 08:26 AM
Hi Ibu Ririn,

Tulisan 750 di cincin ibu artinya kandungan emas murni dalam cincin tersebut 75%, sementara 25% lainnya adalah logam-logam lain seperti perak, tembaga, dll. Untuk kode SR itu adalah kode produksinya ibu.
Ririn
22 October 2014 10:08 AM
Mungkin bisa dijelaskan Kandungan Cincin yg 750,Apakah Cincin tersebut bisa digolongkan Emas/Perak?
Terima Kasih
Noni
23 October 2014 08:07 AM
Hi Ibu Ririn,

Setahu kami untuk cap 750 adalah emas ibu. Tetapi untuk lebih memastikan harus di cek kadarnya terlebih dahulu.
dedi harianto
25 October 2014 08:42 PM
saya mau nanyak, saya punya benda dengan kode 999.9 22k madein holand 1 berat 8 kilo. apakah benda tersebut, itu emas.


Noni
27 October 2014 10:26 AM
Hi Bapak Dedi,

Untuk memastikan benda tersebut emas atau bukan , kami harus mengeceknya terlebih dahulu. Bapak bisa membawanya langsung ke kantor kami untuk pengecekannya. Terima kasih
wulan
28 October 2014 12:01 PM
misi mau tanya...tadi say beli cincin kodenya itu b750 itu artinya apa ya?kata yang jual tadi sih itu 22 karat bener gak ya?
Noni
29 October 2014 09:34 AM
Hi Ibu Wulan,

Arti dari kode 750 adalah 75% kandungan cincin tersebut adalah emas murni .Sementara 25% lainnya adalah logam-logam lain seperti perak, tembaga, dll.
750 setara dengan18 karat ibu ( 18 : 24 * 100 = 75%). Tetapi terkadang bahasa pasar seringkali menyebutkan bahwa kadar 75% setara dengan 22 karat bahkan 23 karat.
heru
03 November 2014 02:18 PM
Dear team,
Mohon dibantu jika ∂ï liontin terdapat kode 4796 A. C 14k.
Artinya apa ya bu ? Untuk huruf c nya dibuletin spt tanda copyright.Trims
Noni
04 November 2014 07:23 AM
Hi Bapak Heru,

Mohon maaf Bapak, untuk kode tersebut kami kurang mengetahuinya. Untuk pengecekan keaslian emas, Bapak bisa mengeceknya ke toko emas terdekat.
hendra dwi
04 November 2014 09:47 AM
Salam bu....
Numpang tny, sy menemukan seutas rantai leher dan ada cop italy 750. Ini kalo di jual ada harga ngak ya bu.....
Mohon di bantu.....
Lathaniia
04 November 2014 04:49 PM
Aku punya cincin emas putih setahun yg lalu pacar aku yg kasih. warna nya menguning, katanya wajar kalo emas putih menguning apa bener ??
terus di dalam lingkaran cincin nya, sblh kanan dan kiri ada tulisan angka 12 dan MT 700, maksd nya apa ya .. trmkksh :)
Noni
05 November 2014 10:04 AM
Hi Ibu Lathania,

Memang wajar ibu jika emas putih berubah warnanya menjadi kekuning-kuningan.
Untuk tulisan angka 12 artinya ukuran cincinnya 12 , Untuk MT adalah kode produksi barang dan 700 adalah kadar cincin tersebut ibu.
Noni
05 November 2014 10:14 AM
Hi Bapak Hendra,

Sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu saja Bapak ke toko-toko emas terdekat untuk pengecekannya apakah betul emas atau bukan, setelah itu baru dapat dipastikan apakah ada nilai nya atau tidak. Terima kasih
Alifiandra
05 November 2014 11:04 AM
aku punya cincin dari papua, kodenya HWT 875. itu artinya apa ya??
Noni
06 November 2014 11:25 AM
Hi Bapak Alifiandra,

Untuk kode HWT biasanya itu adalah kode produksi dan 875 adalah kadarnya Bapak. Untuk lebih memastikan keaslian dan kadarnya , Bapak bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu ke toko emas terdekat. Terima kasih
Yusuf Syam
11 November 2014 09:48 PM
Ass
saya baru beli emas di saudi .. di later S'ny da angka 916 trus ada lambang cireng/persegi miring
tlong penjelasanny
trims
Noni
12 November 2014 10:34 AM
Hi Bapak Yusuf,

Mohon maaf Bapak, yang Bapak maksud disini penjelasan seperti apa yah pak?
hendri
16 November 2014 08:41 PM
Mau tanya.
Kalau cincin 24K Gold 999 Solid gold plate maksudnya ap ya?
Noni
17 November 2014 04:29 PM
Hi bapak Hendri,

Untuk yang di maksud itu adalah kadar cincin Bapak adalah 24 karat.
Vhya
18 November 2014 09:41 AM
mau tanya, klo untuk cincin yg bagus dipakai kadar brp? sy ada cincin kode 700. lalu klo mau beli perhiasan seperti cincin dan kalung yang baik kadar brp? selain untuk dipakai, juga buat simpanan, klo suatu saat butuh bisa di gadai atau dijual gitu? mohon info jg donk klo untuk ngcek harga pasar perhiasan seperti di atas brapa ya skrg per gram nya klo yg kode 700-800? makasih
Noni
19 November 2014 10:46 AM
Hi Ibu Vhya,

Untuk kadar standard perhiasan kebanyakan kadar 70 dan 75% ibu . Untuk harga Jual-Beli ibu bisa menghubungi kami di nomer telepon 021-5586783 untuk harga terupdate. Terima kasih
tata siregar
22 November 2014 12:50 PM
Mau tny, arti dr "h-846 new999 solid gold plate "ap y? Hargany per gr brp y?Thx b4
Noni
24 November 2014 10:31 AM
Hi Ibu Tata,

Mohon maaf ibu, untuk kode tersebut kami kurang mengetahuinya. Untuk memastikan keaslian barang tersebut, ibu bisa membawa barangnya ke kantor kami untuk di cek terlebih dahulu.
arum jani
02 December 2014 02:25 PM
terima kasih, sangat membantu.. ;)
gesti
23 December 2014 04:25 PM
trimksh info nya, baguss..
Muhammad Adriansyah Hamid
31 December 2014 10:18 PM
keren banget materinya. makasih gan
solikah
03 April 2015 07:35 AM
kalo emas jenis amerika atau dengan cap USA... kadar emasnya brp karat min ??? tq
Noni
06 April 2015 09:02 AM
Hi Bapak Solikah,

Mohon maaf Bapak, untuk karat emas dengan cap USA kami harus melakukan pengecekan kadarnya terlebih dahulu. Terima kasih
Diny
27 April 2015 11:00 PM
Mau tanya, saya punya cincin emas dengan ada tulisan kecil 20 saja itu maksudnya gimana ya? 20K kah begitu? Karena umur cincin sudah lama dan cincin itu patah dan pudar, apakah masih laku untuk dijual? Makasih
Noni
28 April 2015 01:01 PM
Hi Ibu Diny,

Untuk arti dari tulisan kecil 20, kami kurang mengetahui artinya ibu. Untuk penjualan perhiasan, ibu bisa bawa barangnya terlebih dahulu ke kantor kami untuk di cek kadarnya. Terima kasih
mechy
28 April 2015 07:09 PM
Sis kalau cap nya 18kgp artinya 18 karat yh?? Tuh nilai jual nya gmn??
Noni
29 April 2015 09:38 AM
Hi Ibu Mechy,

Untuk penjualan perhiasan, Ibu bisa membawanya terlebih dahulu ke kantor kami di Jl.Daan Mogot km.21 untuk pengecekan terlebih dahulu ibu. Terima kasih
bariqi
08 May 2015 09:26 AM
saya punya gelang ada cap 23 N itu maksudnya apa ya?
Noni
08 May 2015 03:41 PM
Hi bapak Bariqi,

Mohon maaf Bapak, kami kurang memahami kode tersebut pak Mungkin bapak bisa mengirimkan gambarnya ke email kami di support@antamgold.com untuk kami bantu lihat terlebih dahulu. Terima kasih
Pramesty Yoga
01 June 2015 07:18 PM
Maaf sy mw tnya mksudny dr 999.9 itu 24 krat apa bukan ya pak makasih
Noni
03 June 2015 10:54 AM
Hi Bapak/Ibu Pramesty,

Betul Bapak, 24 karat sama dengan 999,9%. Terima kasih
zuhdi samson
09 June 2015 04:02 PM
maaf mau tanya, jika emas 999 solid plated gold, apakah itu cincin semua terbuat dari emas, atau hanya dilapisi dengan emas?ty
Noni
10 June 2015 10:34 AM
Hi Bapak Zuhdi,

Mohon maaf Bapak, untuk mengetahui kadar dari cincin tersebut , bapak bisa membawanya ke kantor kami di Jl. Daan Mogot Km.21 untuk kami tes kadarnya terlebih dahulu. Terima kasih
Ullalak
24 June 2015 12:32 PM
saya beli kalung emas dan ada tulisan kecil SB 700 artinya apa ya?
ketika saya tanya ke penjualnya katanya emas 23 apa betul? trims
Noni
25 June 2015 10:46 AM
Hi Bapak Ullalak,

Untuk bahasa pasar seringkali kadar 700 disebut dengan emas 22 Karat pak, tetapi sebenarnya kadar 700 adalah emas 17 Karat.
meryossi
02 August 2015 11:59 PM
Penjelasan ini sangat membantu
Kris Manto
05 August 2015 10:14 AM
Mw taya gan, sya d ksh cicin oleh abang, kode nya. 750UBS artya emas bukan ya?
Noni
07 August 2015 10:06 AM
Hi Bapak Kris,

Untuk lebih memastikan emas atau tidaknya, Bapak bisa membawa barang tersebut ke kantor kami untuk di tes kadar terlebih dahulu Bapak.

Tetapi dari kode yang Bapak sebutkan , cincin tersebut emas dengan kadar 75% dan diproduksi oleh UBS.
Indranugraha9933@gmail.com Indranugraha9933@gmail.com
05 September 2015 02:13 AM
Ma'af saya mau tanya kode 18kgp apa sama dengan kode 18k.
Putry
06 September 2015 08:27 PM
2 hari yg lalu sy beli kalung dan liontin... Dikalung itu ada cap 875. Kata penjualan itu 23 K dan dikasih seharga dengan emas 23 K per gramx. Apa benar itu juga termasuk emas 23?
Noni
07 September 2015 09:26 AM
Hi Ibu Putri,

Untuk cap 875 artinya adalah 87,5% ibu setara dengan 21 karat. Terima kasih
Noni
07 September 2015 09:34 AM
Hi Bapak Indra,

Mohon maaf Bapak, kami kurang mengetahui kode 18kgp Bapak. Untuk lebih pastinya Bapak bisa membawa barangnya ke kantor kami untuk di tes kadar terlebih dahulu.Terima kasih
bunga
13 September 2015 09:25 AM
maaf mau nnya kalau kalung ada tulisan 750 italy apa kan itu emas ?
Noni
14 September 2015 09:26 AM
Hi Ibu Bunga,

Biasanya kode 750 , emas kadar 75% ibu. Tetapi untuk lebih pastinya ibu bisa mengeceknya ke kantor kami di Jl.Daan Mogot Km.21 - Tangerang.
hendra
13 October 2015 08:50 AM
Kalung ubs kode SQ5,,, berapa karat??? Trims
Noni
13 October 2015 05:04 PM
Hi Bapak Hendra,

Untuk kode tersebut kami kurang mengetahuinya Bapak. Untuk lebih pasti bisa mengecek kadarnya ke kantor kami di Jl.Daan Mogot km.21 Tangerang, atau dapat menghubungi kami terlebih dahulu di 021-5586783. Terima kasih
okix
09 November 2015 11:55 AM
Pak mau tanya,,
saya masih awam dalam hal emas, tempo hari saya beli cincin emas berat Kurang lebih 1 gram lebih dengan kadar 35% dengan harga 300rb,,
yang mau saya tanyakan untuk kadar 35% itu jenis karat emasnya atau gimana pak?
soalnya saya tanya ke pegawai tokonya dari penjelasannya juga masih belum saya pahami,
terimakasih
Noni
10 November 2015 08:12 AM
Hi Bapak Okix,

Untuk kadar 35% adalah kadar emas yang terkandung di cincin yang Bapak beli. Jadi 35% emas dan 65% yang adalah kandungan yang lainnya.
Gede sutrawan
13 November 2015 06:14 AM
Buk maaf mw nanya,kemarin sya bli emas d arab tepatnya d kota jordan kebetulan sya mampir kesana,yg sy tanyakn d kalung yg sya bli itu ada tulisan 21k trus d sampingnya ada jg tulisan ALESSI ITALY itu maksudnya apa y buk ALESSI ITALY tu?mohon penjelasannya buk.makasi
Noni
13 November 2015 08:30 AM
Hi Bapak Gede,

Untuk tulisan Alessi Italy kemungkinan adalah nama model kalung tersebut pak.
Ana Lin Swan Lin Swan
13 November 2015 08:22 PM
Saya mau nanya,tadi saya beli kalung cap nya 700, tapi penjual nya bilang itu mas 22k, apa kah benar itu mas 22k??mohon penjelasan nya ya.
Robby
14 November 2015 12:36 AM
Di Cirebon ada salah satu toko emas yg menjual perhiasan emas berkadar 93%, nah itu tergolong emas berapa K ya?
Noni
16 November 2015 08:56 AM
Hi Bapak Robby,

Untuk emas berkadar 93% tergolong emas 22K Bapak.
Noni
16 November 2015 09:02 AM
Hi Ibu Ana,

Untuk kalung dengan cap 700 artinya emas tersebut berkadar 70% dan setara dengan 17K. Tetapi memang biasanya dalam bahasa pasar, kadar 70% sering disebut dengan 22K ibu.
yuni
19 November 2015 06:40 AM
sy ad perhiasan emas ad cap 916..berarti itu 22k ya?
Noni
19 November 2015 09:51 AM
Hi Ibu Yuni,

Benar ibu, untuk perhiasan kadar 91,6% setara dengan 22 K.

Nadia firana
22 November 2015 03:10 PM
Kok di emas milik saya ada logo seperti prisma atau bentuk berlian ya?dan di dalam logo itu juga ada tanda silang atau X.
Mohon penjelasannya
Noni
23 November 2015 10:02 AM
Hi Ibu Nadia,

Logo tersebut adalah logo dari produsennya ibu. Untuk emas yang ibu miliki, emas Antam atau bukan ibu?
ridwan
24 November 2015 06:29 PM
Klo yg tmbukanx 916 vk itu artix apa ibu...
Noni
26 November 2015 10:30 AM
Hi Bapak Ridwan,

Untuk kadar 91,6% setara dengan 22 karat Bapak.
Rahayu Ningsih
30 November 2015 12:02 PM
Asalamuallaikum, maaf saya mau nanya, saya punya emas hongkong yang bercode 18kgp, yg di maksud 18 kgp itu apa dan perkiraan laku berapa di indonesia, terimakasih.
Noni
01 December 2015 11:10 AM
Hi Ibu Rahayu ,

Mohon maaf ibu, kami kurang mengetahui arti dari kode 18kgp. Jika ibu ingin memastikan kadarnya, ibu bisa membawa ke kantor kami terlebih dahulu untuk di tes kadarnya.
alianda
24 December 2015 08:19 PM
permisi pak mau tanya harga emas 24K skrng brp ya pak? krna ada tmn sy bulan ini desember 2015 beli emas 24K pergramnya 450rb an. sedangkn sya beli emas citra 700 tahun lalu november 2014 per gram nya 650rb. mengingat harga emas selalu naik, mengapa emas 24K lebih murah dardpa emas berkadar 700? trma kasih pak...
Noni
28 December 2015 11:06 AM
Hi Ibu Alianda,

Emas citra yang ibu maksud disini apakah emas perhiasan atau emas batangan ibu?
Bagus
02 January 2016 12:33 AM
Saya mau nanya bu ini kall gelang perhiasaan d gelang nya ada tulisan A 3 itu maksudnya apa ya
Threesya Yuliana Suryakencana
03 January 2016 06:01 PM
Ibu, mau tanya. Kalau di kait pengunci gelang atau perhiasan lainnya, yang tertulis bukan lah kode angka tetapi huruf (Misalnya, S A), berapakah kadar emas pada perhiasan tersebut ya, Bu??
Noni
07 January 2016 11:55 AM
Hi Ibu Thressya,

Kami tidak dapat memastikan berapa kadar emas pada perhiasan ibu. Untuk mengecek kadarnya, ibu bisa langsung datang ke kantor kami di Jl.Daan Mogot km.21.
Noni
07 January 2016 12:00 PM
Hi Bapak Bagus,

Mohon maaf Bapak, kami tidak dapat memastikan apa arti dari kode A3, kemungkinan A3 itu adalah kode produksi.
isti
15 January 2016 05:35 PM
Saya mw tanya kode SG itu kadar brapa karat ya?
boy
16 January 2016 08:09 AM
Pak mau nanya saya ada gelang tulisanya ubs 375 tuh emas atau perak yaa ?
Noni
18 January 2016 08:07 AM
Hi Bapak Boy,

Jika dilihat dari kodenya, perhiasan tersebut emas pak dengan kadar 37,5% dan dari pabrikan UBS. Tetapi , untuk lebih pasti dapat melakukan tes kadar terlebih dahulu. Terima kasih
Noni
18 January 2016 08:09 AM
Hi Ibu Isti,

Sebuah kode tidak dapat menggambarkan kadar ibu. Kode tersebut biasanya untuk mengetahui barang tersebut dihasilkan oleh pabrik mana.
opin ginting
25 January 2016 09:26 AM
sy mau tanya, yang di maksud real gold plated 18 k, apa ya?
Noni
25 January 2016 09:59 AM
Hi Bapak Opin,

Untuk arti dari real gold plated 18k adalah emas dengan kadar 750 atau 75% Bapak.
opin ginting
25 January 2016 10:49 PM
real gold plated 18 k, apa beran emas kalau berbentuk bros mesran?
Noni
26 January 2016 10:08 AM
Hi Bapak Opin,

Jika dilihat dari kodenya 18K real gold plated , bros tersebut emas dengan kadar 75% pak. Tetapi untuk lebih pasti, bisa tes kadarnya terlebih dahulu di kantor kami.
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments:
CAPTCHA Verification 
 
Please enter the text you see in the image into the textbox below (we use this to prevent automated submissions).